PENGALAMAN MEMBUAT AKTE KELAHIRAN DI KOTA BEKASI

Hari ini pengalaman kedua mengurus akte kelahiran, kebetulan sudah pernah mengurus akte anak pertama di kampung Purwodadi.

Ternyata prosedurnya beda dengan yang dulu mengurus di kampung, dulu kalo bikin akte kelahiran, nama anak harus sudah masuk di KK  ( kartu keluarga) dan sudah mempunya NIK ( nomor induk kependudukan ) jadi prosesnya kita harus merubah KK dulu dan memasukan nama anak kedalam kartu keluarga. Kalo KK udah jadi baru bisa mengurus akte kelahiran. Sekarang prosesnya kita bisa langsung bikin akte kelahiran meskipun nama anak belum masuk kedalam KK, kata petugasnya sekarang kalo akte kelahiran udah di buat otomatis udah dapat NIK.

Kita mulai pengalamanku mengurus akte kelahiran, sperti biasa  prosedurnya minta surat pengantar dari RT dan RW, itu sudah aku siapkan di hari-hari sebelumnya. Hari ini tepat jam 8.00 pagi sampai kelurahan Kaliabang tengah, dengan berbekal surat pengantar rt/rw aku serahkan ke petugas kelurahan setelah di periksa berkas kelengkapanya di suruh nunggu. Dalam benakku pasti cepet ternyata pelayananya lelet (kasih bintang 1) harus menunggu 1,5 jam untuk mendapatkan surat keterangan kelahiran atau form f-2.01 . setelah dari kelurahan dengan hati yang dongkol langsung cabut ke kantor dinas kependudukan dan catatan sipil. Sampai sekitar jam 10 .00  cari parkiran langsung ke petugas di pintu depan untuk dapat nomor antrian. dapat no 27  dan antrian sudah sampai nomor 24. dari petugas di arahkan untuk mengisi saksinyang terdapat di form f-2.01 dengan nama yang sudah tersedia di meja. Setelah diisi komplit duduk nunggu panggilan. Tepat jam 10.23 sudah di panggil untuk menyerahkan berkas, di cek petugas suruh duduk lagi nunggu panggilan petugas entry data. Nunggu beberapa saat di panggil petugas untuk menerim tanda terima berkas. 

Catatan:
Sebelum meninggalkan kantor sebaiknya periksa dulu nama anak sudah sesuai belum, karena pas aku cek ternya ada satu huruf yang salah dan langsung bilang ke petugas untuk di benerin.

Setelah semua udah fix dikasih tanda terima untuk pengambilan akte pada tanggal 21 oktober. Jadi proses di kantor kependudukan dan catatan sipil cuma sekitar 30 menit ( bintang 4 untuk pelayananya)


Berkas-berkas yang dilampirkan:
  • Form f-2.01 asli
  • Foto copy buku nikah
  • Foto copy KTP suami istri
  • Surat keterangan kelahiran dari dokter/bidan


tanda terima

Form F-2.01



Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »
Thanks for your comment